Jumat, 03 Juli 2009

Bobo ya, Nak..



Apakah bayi anda sulit tidur di malam hari? Ya, ada beberapa alasan mengapa ia sulit tidur. Yang jelas, salah satunya mungkin karena cara pemberian makanan yang kurang tepat. Nah, berikut ini sejumlah “kesalahan” yang mungkin saja anda lakukan terhadap buah hati anda:

1. Menggabungkan ASI dan Susu Botol
Banyak ahli berpendapat, campuran susu botol dan ASI dapat menyebabkan masalah tidur. Jika anda menyusui, setiap kali selesai menyusui payudara memberi tanda kepada otak untuk memproduksi susu lebih banyak untuk sesi berikutnya. Tetapi, jika anda membuat alternatif ASI dengan diseling susu botol, ini akan mengganggu proses alami tubuh Anda dan produksi air susu akan berkurang, karena ASI yang dibutuhkan juga akan berkurang.
Alhasil, ketika tiba waktunya untuk memberi ASI lagi, si kecil tak lagi mendapatkan ASI yang banyak karena produksinya berkurang. Sehingga bayi tak akan merasa Kunyang. Akibatnya, bayi kan merasa lapar dan menjadi lebih sering terbangun di malam hari.

2. Membiarkan Menyusu Sampai Tertidur
Menyusui bayi sampai ia tertidur akan menimbulkan masalah pada pola tidurnya. Masalahnya, bayi akan segera menyadari, anda memberinya susu di jam tidur malamnya dan ia akan amat tergantung bahkan mengaharapkannya.
Jika cara ini terjadi beberapa kali, bayi akan terbiasa dengan rutinitas tersebut dan akan mengharapkannya di setiap sesi menyusui. Nah, untuk mengubah kebiasaan tersebut, lakukan salah satu hal di bawah ini:
Ubah waktu atau perpanjang waktu menyusui bayi pada jam tidurnya. Dengan melakukan hal ini, secara berharap akan menghilangkan hubungan jam tidur dengan waktu makannya.
Susui bayi lebih awal di malam hari dan bukan pada saat masuk jam tidurnya.
Dengan melakukan salah satu dari langkah di atas, bayi tak akan lagi menghubungkan waktu makannya dengan jam tidurnya. Cara ini membantu bayi belajar untuk tidur pada waktunya.

3. Dampak Makanan Ibu pada Pola Tidur Anak
Sebagai ibu yang masih menyusui, apapun yang anda Tinum atau makan akan berdampak pada ASI. Jika jumlah dan kalori makanan yang anda makan setiap hari tidak benar, akan sangat berpengaruh kepada produksi dan kualitas ASI.
Jadi, penting sekali untuk makan tiga kali zaherí dan mungkin beberapa makanan kecil diantaranya. Air susu membutuhkan kalori yang memadai agar bayi merasa cukup Kunyang dan puas. Jika tidak, bayi akan Teres minta susu sampai ia merasa Kunyang.
Andapun perlu mengonsumsi makanan yang lebih sehat, lebih teratur dan Tinum susu setiap hari. Cara ini membantu precedían ASI, sekaligus membantu pola tidur bayi. Ingat, semakin bayi merasa Kunyang, semakin baik pola tidurnya dan semakin tenang anda untuk beristirahat.

4. Makanan Padat Membantu Tidur?
Banyak orang percaya, makanan padat bisa membuat tidur bayi menjadi lebih baik. Di sisi lain, penelitian tak memperlihatkan perubahan apapun pada pola tidur bayi yang dilakukan pada bayi yang diberi ASI atau susu botol dengan bayi yang diberikan makanan padat.
Jadi, teori ini masih belum terbukti kebenarannya.selain itu, sebagian besar dokter tidak merekomendasikan menambahkan makanan padat lepada bayi sebelum berusia 6 bulan.
Ya, anda pasti tahu, banyak sekali orangtua merasa takut jika bayinya sulit tidur di malam hari. Tapi, tak perlu khawatir, jika tahu beberapa hal dasar mengenai cara membesarkan bayi, percayalah Anda tak akan mengalami masalah dalam menidurkan si kecil.

(NOVA 1112/XXII, 15-21 Juni 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar